01 Juni 2022

KADER BKB DESA SUKOWIDI IKUTI KEGIATAN ORIENTASI BKB EMAS YANG DIGELAR BKKBN JATIM VIA TATAP MUKA

SUKOWIDI- Kader BKB Desa Sukowidi, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan mengikuti  Kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengelola Pro PN  Promosi dan KIE 1000 HPK pada keluarga ibu hamil dan keluarga anak usia di bawah dua tahun (Baduta) melalui Orientasi BKB EMAS (Bina Keluarga Balita Eliminasi Masalah Anak Stunting)  yang digelar oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jatim pada pertemuan tatap muka di Balai Desa Tambakrejo Kecamatan Magetan. Rabu sd Kamis (01-02/05/2022).

Orientasi BKB EMAS dilaksanakan secara pertemuan tatap muka tanggal 01 – 02 Juni 2022 mulai pukul 08.00 WIB. Peserta yang mengikuti kegiatan orientasi adalah Kader BKB di desa lokus stunting dan Penyuluh KB Pembina wilayah kecamatan lokus stunting.


Adapun bahasan dalam orientasi BKB EMAS (Eliminasi Masalah Anak Stunting) terdiri dari materi yang terbagi dalam 6 pertemuan, yaitu : Penerapan 8 (delapan) fungsi keluarga dalam masa 1000 HPK, Kesehatan fisik dan mental Ibu Hamil dan Ibu Baduta, Pembiasaan PHBS bagi ibu hamil dan baduta, stimulasi perkembangan anak pada masa 1000 HPK, meningkatkan peran ayah dan anggota keluarga lainnya, pengasuhan yang tanggap (cepat dan tepat) terhadap kebutuhan anak.




Kegiatan orientasi BKB EMAS  tatap muka hari 1 dimulai pukul 08.00-15.30 WIB yaitu  acara pertama Registrasi Peserta  kemudian Pembukaan  dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars KB, Laporan Panitia ,Sambutan BKKBN Jatim, Sambutan Kepala OPD KB Kab/Kota sekaligus membuka resmi acara orientasi,selanjutnya do’a dan dinamika kelompok serta simulasi pertemuan 1 dan 2 oleh Tim Fasilisator Provinsi dan terakhir penjelasan tugas kelompok.

Sedangkan untuk acara orientasi BKB EMAS hari 2 yang dilaksanakan tanggal 2 Juni 2022 dimulai pukul 08.00-16.00 WIB .Dengan acara pertama yaitu registrasi peserta dan dinamika kelompok.Selanjutnya perserta Kader BKB dan Penyuluh KB Pembina wilayah kecamatan lokus stunting melakukan simulasi pertemuan sesuai modul BKB EMAS dilanjutnya dengan Recana Tindak Lanjut (RTL) dan acara terakhir penutupan.

YUDHO SANTIKO (SEKRETARIS DESA)    TITIN ERNAWATI (KAUR KEUANGAN)    ENI SETYOWATI (KAUR TATA UMUM DAN TATA USAHA)    SUGIANTO (KAUR PERENCANAAN)    SUDARTO (KASI PEMERINTAHAN)    SUDIGDOYO (KASI KESEJAHTERAAN)    BUDI SUSANTO (STAP KASI PEMERINTAHAN)    SUHIRMAN (KAMITUWO)    AGUS TRIONO ST. (KAMITUWO)    DARMADI (KAMITUWO)    SLAMET (KASI PELAYANAN)    SLAMET (STAF KASI PELAYANAN)