15 Juni 2022

WARGA DESA SUKOWIDI IKUTI PELAYANAN PAP SMEAR DALAM RANGKA HARGANAS TAHUN 2022

SUKOWIDI - Dalam Rangka Hari Keluarga Nasional Tahun 2022 Ke 29 , Warga Desa Sukowidi ,Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan mengikuti kegiatan Pap Smear yang diselenggarakan oleh Bidang KB Dinas PPKBPPPA Kabupaten Magetan bekerjasama dengan PKK di 18 Kecamatan. Pap smear adalah pemeriksaan kesehatan yang mampu mendeteksi kanker serviks. Kegiatan ini dilakukan di Balai Peyuluhan KB Kecamatan Nguntoronadi.Rabu (15/06/2022)

Pemeriksaan pap smear boleh dilakukan kapan saja kecuali pada saat haid dan diperuntukan bagi wanita yang sudah menikah atau sudah melakukan hubungan seksual. Layanan PAP SMEAR diikuti para wanita di 9 Desa Se-Kecamatan Nguntoronadi.

Sosialisasi dan informasi pelaksanaan pelayanan Pap Smear dilakukan dengan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) oleh petugas Penyuluh KB Kecamatan Nguntoronadi, beserta petugas PPKBD, Sub-PPKBD, serta kader-kader kesehatan di wilayah desa.


Para Ibu di Desa Sukowidi merasa bersyukur adanya kegiatan ini, karena mengetahui jika melakukan pemeriksaan pap smear di rumah sakit secara mandiri ,biayanya lumayan mahal. “Alhamdulillah bisa ikut Pap Smear walau baru pertama kalinya dan dapat bantuan dari desa 50% untuk biaya Pap Smear,ini sangat membantu sekali”,ujar Ibu Ten selaku peserta Pap Smear.

YUDHO SANTIKO (SEKRETARIS DESA)    TITIN ERNAWATI (KAUR KEUANGAN)    ENI SETYOWATI (KAUR TATA UMUM DAN TATA USAHA)    SUGIANTO (KAUR PERENCANAAN)    SUDARTO (KASI PEMERINTAHAN)    SUDIGDOYO (KASI KESEJAHTERAAN)    BUDI SUSANTO (STAP KASI PEMERINTAHAN)    SUHIRMAN (KAMITUWO)    AGUS TRIONO ST. (KAMITUWO)    DARMADI (KAMITUWO)    SLAMET (KASI PELAYANAN)    SLAMET (STAF KASI PELAYANAN)