05 Agustus 2022

KEGIATAN BERSIH DESA SUKOWIDI SAAT MEMASUKI BULAN SURO

SUKOWIDI- Kegiatan Bersih Desa Sukowidi ,Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten diadakan Jum’at  05/08/2022 di punden desa.Bersih Desa yang dilaksanakan setiap bulan Muharram atau bulan Suro menurut penanggalan Jawa.

Warga Desa Sukowidi dan perangkat desa mengadakan ritual bersih desa berupa kenduri dan mengirim sesaji ke 3 punden yang dipercaya sebagai makam sesepuh desa. Setelah itu dilanjutkan dengan pertujukan seni tayub,di mana warga desa menari bersama penari wanita yang biasa disebut ledhek.

Selain tradisi yang dilakukan setiap tahun, bersih desa juga bertujuan untuk mempererat tali kebersamaan antar masyarakat. Bersih desa adalah adat turun temurun yang harus dilestarikan oleh para generasi muda.

 



YUDHO SANTIKO (SEKRETARIS DESA)    TITIN ERNAWATI (KAUR KEUANGAN)    ENI SETYOWATI (KAUR TATA UMUM DAN TATA USAHA)    SUGIANTO (KAUR PERENCANAAN)    SUDARTO (KASI PEMERINTAHAN)    SUDIGDOYO (KASI KESEJAHTERAAN)    BUDI SUSANTO (STAP KASI PEMERINTAHAN)    SUHIRMAN (KAMITUWO)    AGUS TRIONO ST. (KAMITUWO)    DARMADI (KAMITUWO)    SLAMET (KASI PELAYANAN)    SLAMET (STAF KASI PELAYANAN)