18 Januari 2023

BALITA DESA SUKOWIDI IKUTI RUJUKAN STUNTING KE RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) DR. SAYIDIMAN MAGETAN


Sukowidi-
Stunting merupakan salah satu issue yang menjadi prioritas program nasional yang perlu mendapatkan perhatian dari semua pihak. Stunting dan kekurangan gizi lainnya yang terjadi pada 1000 HPK di samping berisiko menghambat pertumbuhan fisik dan kerentanan anak terhadap penyakit juga menghambat perkembangan kognitif.

Balita Desa Sukowidi, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan yang dirujuk karena masuk kriteria stunting ke RSUD dr. Sayidiman Magetan sebanyak 1 balita pada Rabu 18/01/2023.Pelaksanaan sistem rujukan berjenjang dalam penanganan stunting, melibatkan kader posyandu, bidan, dokter Puskesmas.




Skrining balita stunting dimulai dari posyandu kemudian Puskesmas Gorang Gareng Taji lalu dirujuk ke RSUD dr. Sayidiman Magetan. Kemudian di rumah sakit akan diberikan pelayanan meliputi skrining awal ulang melalui pengukuran antropometri (berat badan, tinggi badan, panjang badan, dan lingkar kepala) serta melakukan berbagai assessment untuk memastikan kembali ada tidaknya indikasi stunting serta untuk mendeteksi dan menentukan apakah ada diagnosis medis lainnya.Balita yang  terindikasi stunting selanjutnya akan diberikan PKMK (Pangan Olahan Untuk Kondisi Medis Khusus) dan konseling sesuai asuhan nutrisi pediatri berkolaborasi dengan ahli gizi rumah sakit dan puskesmas setempat.

 




YUDHO SANTIKO (SEKRETARIS DESA)    TITIN ERNAWATI (KAUR KEUANGAN)    ENI SETYOWATI (KAUR TATA UMUM DAN TATA USAHA)    SUGIANTO (KAUR PERENCANAAN)    SUDARTO (KASI PEMERINTAHAN)    SUDIGDOYO (KASI KESEJAHTERAAN)    BUDI SUSANTO (STAP KASI PEMERINTAHAN)    SUHIRMAN (KAMITUWO)    AGUS TRIONO ST. (KAMITUWO)    DARMADI (KAMITUWO)    SLAMET (KASI PELAYANAN)    SLAMET (STAF KASI PELAYANAN)