27 September 2019

BERSIH DESA SUKOWIDI,BENTUK RASA SYUKUR MENGENANG PERJUANGAN PARA LELUHUR

Sukowidi-Rangkaian Kegiatan Bersih Desa Sukowidi Kecamatan Nguntoronadi diadakan Jum’at 27/09/2019 di punden desa.Bersih Desa yang dilaksanakan setiap bulan Muharram atau bulan Suro menurut penanggalan Jawa.Beberapa tokoh masyarakat dan perangkat desa nampak hadir dalam acara tersebut.

Bersih Desa sudah menjadi tradisi turun-temurun dalam kebudayaan masyarakat.Di Jawa khususnya,ritual bersih desa telah dilakukan berabad-abad lamanya.Ada pepatah dari para leluhur  masyarakat Jawa  yang sampai saat ini masih dipegang teguh oleh masyarakat Desa Sukowidi bahwa "Wong Jowo Ojo ilang Jawane” orang Jawa jangan sampai kehilangan jati dirinya sebagai orang Jawa.

"Tradisi Bersih Desa tetap dilestarikan untuk menghormati para leluhur dan sebagai bentuk syukur warga Desa Sukowidi kepada Allah SWT,yang telah memberikan banyak kenikmatan dan bisa menjadi senjata hilangnya segala bentuk bencana atau balak berganti dengan ayem tentrem.”ungkap Budi Susanto dalam sambutan acara tersebut.

Ritual Bersih Desa Sukowidi sendiri terdiri dari beberapa tahapan,diawali dengan kerja bakti membersihkan lingkungan yang dilakukan oleh seluruh warga desa,terutama makam-makam leluhur sosok atau tokoh yang pernah menjadi panutan masyarakat desa.Dilanjutkan do’a bersama dan acara kenduri atau selamatan.Usai kenduri acara dilanjutkan dengan pertujukan seni tayub,di mana para perangkat desa menari bersama penari wanita yang biasa disebut ledhek.

Peran generasi muda sebagai generasi penerus bangsa sangatlah penting dalam mempertahankan dan melestarikan warisan adat istiadat salah satunya Bersih Desa, agar tidak tergilas oleh modernisasi Budaya Barat.



 




YUDHO SANTIKO (SEKRETARIS DESA)    TITIN ERNAWATI (KAUR KEUANGAN)    ENI SETYOWATI (KAUR TATA UMUM DAN TATA USAHA)    SUGIANTO (KAUR PERENCANAAN)    SUDARTO (KASI PEMERINTAHAN)    SUDIGDOYO (KASI KESEJAHTERAAN)    BUDI SUSANTO (STAP KASI PEMERINTAHAN)    SUHIRMAN (KAMITUWO)    AGUS TRIONO ST. (KAMITUWO)    DARMADI (KAMITUWO)    SLAMET (KASI PELAYANAN)    SLAMET (STAF KASI PELAYANAN)